Homestay in Singkawang? Call me!

Dua bulan lagi event Imlek dan Cap Go Meh yang menyedot ribuan turis lokal dan internasional ke Kota Singkawang akan tiba. Seperti biasa, hotel-hotel akan full booked dengan cepat. Backpacker kelabakan nyari penginapan. Untuk itulah, setahun yang lalu saya mulai mempromosikan rumah orang tua saya untuk menjadi homestay. Rumah saya punya setidaknya dua kamar yang sering kosong, karena saya dan adik tidak tinggal di rumah, hanya pulang sesekali ketika liburan. Berikut penampakan rumah homestay kami… Rumah ini di tengah Kota Singkawang, di pemukiman yang cukup ramai sehingga anda bisa merasakan langsung kehidupan keluarga yang mayoritas dari etnis Melayu, namun ada juga dari Dayak, Cina, serta pendatang yang telah menyatu disana. Rumah ini sudah cukup tua -dari tahun 1980an, namun sangat asri dengan pepohonan dan bunga-bunga (hobi emak saya! :p) IMG-20131202-WA000 Tahun lalu saya mendapatkan beberapa request, tapi yang jadi akhirnya 1 penyewa. Solo traveller yang mengejar pengalaman melihat langsung atraksi Tatung dan juga mempelajari tentang Kesultanan Sambas ini menginap selama 3 malam di rumah saya. Hasil eksplorasinya seperti apa? Baca tulisan serunya disini:

http://bungaharry.blogspot.com/search/label/My%20adventure%20to%20%20Singkawang%20-%20West%20Kalimantan

Sebagai penyewa pertama, saya meminta Mbak Onny, Solo Traveler ini, untuk memberikan testimoni. Begini katanya: “Saya merasa seperti di rumah sendiri selama disana, seperti berkunjung ke rumah saudara yang sudah lama tak pernah saya datangi. Soal harga sangatlah murah jika saya harus menginap di hotel atau penginapan yang tentu saja harganya sudah selangit jauh dari jangkauan untuk kantong backpacker seperti saya. Penginapan atau hotel sebulan sebelum acara sudah full book dan harganya bsa 2x lipat dari harga standart. Beruntung saya membaca posting di sebuah blog yang pemilik blognya merelakan kamar pribadinya untuk ditempati bagi traveler yang kesulitan mencari penginapan di saat acara Cap Go Meh. Jika ingin dekat serta merasakan kehidupan penduduk Singkawang yang beraneka ragam etnik salah satunya orang Melayu ga salah untuk mencoba, ga rugi kok. Soal transportasi tidak terlalu sulit dan kalau mau bisa sewa motor.”

Nah? Ingin liburan ke Kota Singkawang untuk melihat acara Cap Go Meh, mencicipi kuliner Bubur Pedas, atau mendatangi Pulau Simping -Pulau Terkecil di Dunia, dan butuh penginapan? Fasilitas yang ditawarkan: Bed and Breakfast alias kamar plus sarapan Need Homestay in Singkawang? SMS/Whatsapp 0812.8020.7713

Update Testimoni dari Mario Andreas Tentero yang menginap 8 Januari 2015:

“Thanks ya udah diijinin singgah di rumah yang nyaman dan keluarga yang baik. Serasa lagi gak ngetrip klo lagi di rumah sana.”

Baca juga tulisan saya https://haramkelilingdunia.wordpress.com/2013/01/27/singkawang-dan-cap-go-meh/ dan https://haramkelilingdunia.wordpress.com/2012/11/25/my-amazing-plan-organizing-a-cultural-trip-to-west-borneo/ Enjoy Singkawang! NFW

7 thoughts on “Homestay in Singkawang? Call me!

Leave a Reply

