Ngomeng Edisi Ketiga: “Gedung Flyover”

Berikut adalah tulisan dari Siti Aminah alias Mina, peserta baru di Ngomeng yang berasal dari Aceh. Rekor keberaniannya cukup tinggi, baru 3 bulan di Jakarta dannn… inilah kisahnya…

 

*** Gedung Flyover ***

Jakarta, Sabtu 24 Mei 2014

Tepatnya pukul 12:36 wib setelah azan dzuhur, aku baru membaca pesan di handphoneku. Mina, lagi free gak hari ini? Ikutan acara ngomeng (ngomong english) atau praktek speaking sama bule-bule yuk…pukul 14:00 wib di yayasan balita sehat. Pesan itu jelas tertulis dari mbak Nur Febriani Wardi, direktur Yayasan Balita Sehat.

“Bule….?” Sudah lama rasanya aku tak berbicara bahasa asing. Aku langsung mempersiapkan diri dan berangkat menuju lokasi yang disebutkan. SMS kedua, aku menerima arahan Naik kopaja 57 arah Blok M, lalu naik 615 ke arah Antasari, Turunnya di bawah Flyover Antasari di ‘masjid’ atau ‘SMP 250’.

Waktuku sangat singkat. Kalau aku berangkat dengan bus, tentu saat aku datang, mereka sudah akan pulang. Akhirnya aku memilih membawa motor ke Antasari. Perjalananku sedikit rumit, selain karena aku tak hafal nama tempat, ini pengalaman perdanaku membawa motor di Jakarta.

Targetku aku tak boleh telat. Setiap persimpangan, aku selalu bertanya kepada orang alamat yang kutuju. Dari semua jawaban, semua sama. “Lurus, ketemu lampu merah tiga kali, belok kiri, lurus lagi, belok kanan, kemudian lurus”. Kuikuti sesuai dengan petunjuk arah di jalanan. Kadang, di kota besar aku tak percaya dengan jawaban orang, sehingga aku harus bertanya berulang kali.

Tiba di Blok M, aku melihat Kopaja 615 melintang di hadapanku. Aku tak bisa mengikuti bus tersebut, karena ia harus menunggu penumpang. Sedangkan waktu hampir jam dua siang. Akhirnya, aku bertanya kepada satpam di pinggir jalan.

“Pak, gedung Flyover dimana ya?”

“ Hah…flyover? daerah mana neng?”

“ Antasari pak, SMP 250.”

“Oh…lurus saja neng, nanti ketemu lampu merah ketiga belok kiri. Kamu ambil yang bawah jembatan ya.” Jawabnya.

“ Memangnya, kalau naek jembatan kenapa pak?”

“Itu khusus jalan mobil, motor gak bisa masuk, nanti ditangkap pak polisi” Tegasnya.

Sambil tersenyum, aku meninggalkan satpam dan melaju kencang mencari gedung flyover. Kupandangi gedung disisi kiri dan kanan, namun aku belum juga menemukan nama ‘flyover’ tertera di bangunan-bangunan di kawasan Antasari tersebut.

Pilihan terakhir patokankanku adalah Masjid. Di mana ada masjid di sana aku berhenti. Tibalah aku di Masjid Al-Ihklas. Kubaca alamat yang tertera di handphoneku berulang kali.

‘Masjid’ atau ‘SMP 250’. Aku hanya melihat Masjid di sebelah kananku, tapi SMP 250 itu belum kelihatan.

Aku hubungi lagi mbak Febri, ia mengatakan bukan di Masjid Al-Ikhlas tapi di Masjid An-Nur dekat perempatan lampu merah, belokannya yang ada tulisan angka 38. Karena katanya kelewatan, akhirnya aku memutar balik. Ku parkir motorku di depan sebuah warung. Ada tiga bapak-bapak duduk di sana.

“ Pak, gedung Flyover yang di atasnya angka 38 di mana ya pak?”

Wajah mereka tiba-tiba bengong. Flyover? Angka? Aku heran, padahal ini sudah sesuai alamat, mengapa mereka malah kebingungan menjelaskan tempat tersebut.

Kemudian aku menunjuk jembatan. “Pak, katanya di atas jembatan itu gedungnya.”

“Di atas jembatan ini hanya ada jalan, manusianya juga gak ada neng.”

“Kalau saya naik ke atas lewat mana ya pak? Kata teman saya acaranya di atas itu”

Bapak-bapak itu tertawa.

Saat aku mengatakan SMP 250, baru mereka menujukkan arah lorong sebelah kiri dari perempatan tersebut. Sekilas aku melihat angka 38 di tembok jembatan. Apa itu maksud flyover 38? Dari pada kesasar, aku telpon Mbak Febri, tiba-tiba aku sudah melihat Mbak Febri tidak jauh dari tempatku berhenti. Aku tersenyum, syukur aku tiba di YBS dengan selamat.

***

Saat memasuki YBS, aku disambut oleh beberapa bule. Mereka adalah Chris, Polly dan Marti. Selain itu ada peserta dampingan yang terlihat semangat mengikuti forum speaking tersebut.

Ini juga pengalaman pertamaku ngomeng sama bule-bule. Awalnya sempat merasa minder, karena aku melihat teman-teman yang sudah tiba di sana, tampak wajah-wajah orang mahir bahasa Inggris. Entah karena aku merasa Jakarta adalah tempat orang-orang hebat, sehingga ada perasaan malu mengekpresikan bahasa Inggrisku di hadapan mereka.

Nothing is impossible” Itulah mantraku sebelum bicara. Aku ngoceh aja, meskipun mereka tak paham dengan kalimatku, yang penting judul kali ini ya ngomeng aja. Di sini kami bercerita tentang transportation, photography, dan culture. Kami membentuk tiga kelompok. Masing-masing kelompok di bimbing oleh Chris, Marti, dan Polly. Contoh pertanyaan yang kuingat adalah “ Do you like to go to Museum or Cafe?” Kemudian peserta menjawab dengan persepsi masing-masing. Kemudian dalam sesi public speaking peserta memberikan opininya terkait pertanyaan yang diajukan oleh fasilitator.

Ngomeng tak hanya memperkaya vocabulary seseorang. Di sini juga melatih mentalitas seseorang untuk percaya diri dalam berbahasa Inggris. Pertemuan ini sangat luar biasa, tak hanya mendapatkan pengalaman baru, teman baru, aku sendiri mendapatkan semangat baru sepulang dari kursus ini. Semangat belajarku semakin bertambah. Apalagi melihat potensi peserta hampir semua aktif dalam berbahasa Inggris. Setelah diteliti, ternyata ada juga yang mahir dalam tujuh bahasa. Bahasa spanyol, Jerman, Turki, China, Inggris, Jepang, ah entah negara mana lagi aku lupa. Sempat terbesit di pikiranku, ‘Ini anak makan nasi atau batu ya?’ Pikirku. Sedangkan aku hanya sedikit-sedikit, entah apalah arti sedikit itu dalam bahasa inggris just a little-litle. Minimal aku mendapatkan istilah baru, Flyover itu jembatan. Bukan bangunan yang tertulis angka 38 seperti yang kubayangkan.

Semoga aku masih bisa mengikuti pertemuan selanjutnya. I love Ngomeng❤

***

Foto dari kegiatan Ngomeng edisi ketiga. Mina yang disudut kanan bawah.

Image

Video lucu aksi Mina di Ngomeng:

http://youtu.be/tcuBAjJtPVo  

 

 

 

Leave a Reply

