Edisi Kehamilan HKD: Belum Lahir Juga!

Bangun tidur atau sebelum tidur, seperti biasa yang kulakukan adalah membuka timeline twitterku. Paling banyak yang kutemukan semalam dan pagi ini adalah tweets tentang launching buku The Naked Traveler 4 yang diadakan di Grand Indonesia. Buku dengan sampul berwarna shocking pink itu ditulis oleh Trinity, salah satu penulis favoritku, yang juga telah menginspirasiku untuk menulis buku Haram Keliling Dunia.

Melihat fans-fans Trinity mengupload foto-foto mereka bersama buku-buku Trinity, terus terang daku ngiri… ya ampun, membayangkan HKD YANG MASIH NGENDON DI LAPTOPKU… huaaaahhh kapan launchingnya iniiii? Padahal target dulu kan bulan Oktober, lha ini udah bulan Oktober masih belum diedit di Gramedia. Glek!!

Kenapa bisa lama?? Udah banyak yang nungguin HKD segera mejeng di toko buku, tapi ya mo gimana…

Pertama, saya akui sayanya sibuk di YBS, pergi pagi pulang malam, weekend pun kadang masih kerja. Akhirnya, tinggal sedikit sekali energi buat HKD. Dan merampungkan lebih dari 30 tulisan itu lumayan ngos-ngosan, berat sekali. Belum lagi ngurusin lembar-lembar transisi yang awalnya dipikir gampang, ternyata rempong juga bo!

Kedua, nungguin kata pengantar dari PMI yang lamaa banget. Udah sampe di Sekjen padahal, tapi masih gantung. Yasudlah, kalo emang gak bisa cepat, tampaknya HKD akan maju sendiri tanpa dukungan resmi dari PMI.

Ketiga, ilustratornya ilang-ilangan, hehehe… tapi begitu muncul, seru dan mantap hasil-hasilnya. Cuma ya itu, kalo dia lagi ngilang, aku sampe harus bikin status di bbm “ilustratorku kemana ya?”

Keempat, aku orangnya cukup perfeksionis. Kalau sudah keluar buku yang mengatasnamakanku, aku mau kualitasnya bagus, dari tulisannya hingga ilustrasi, cover, dll. Sehingga aku cukup banyak memakai waktu untuk bekerjasama dengan illustrator hingga ke hal-hal yang paling detil (untungnya illustrator yang bekerja denganku luar biasa sabarnya). Aku juga menghabiskan waktu menunggu para pembaca pertama memberikan komentar dan kritikan mereka. Kritikan adalah komentar terbaik buatku (mumpung belum dicetak, kan?).

Karenanya, saya berjanji, demi para pembaca yang sudah bertanya-tanya tentang HKD, bahwa minggu pertama di bulan Oktober ini saya akan submit tulisan lengkap siap cetak ke Gramed. Tinggal mereka edit, layout, re-check, kemudian cetak dehh… Insyaallah, sesuai kontrak antara aku dengan Gramedia, buku ini paling telat akan dicetak pada bulan Desember tahun ini!

Uuuh mules…

2 thoughts on “Edisi Kehamilan HKD: Belum Lahir Juga!

Leave a Reply

