#Praha #Kota Tercantik di Eropa

Apa sih yang menarik dari PRAHA?  Kota yang disebut-sebut sebagai salah satu kota tercantik di dunia! Aku dan temanku mengunjungi Praha setelah musim dingin tahun 2011.

Yang pertama kami datangi tentu saja Old Town Square, dimana semua orang yang datang ke kota Praha akan datang ke tempat ini untuk melihat Gereja Tyn yang megah, peninggalan dari masa lalu, dan Jam Astronomi yang terkenal.

Yang spesial dari jam astronomi, jam ini akan berdentang sesuai jam, misalnya sekarang lagi jam 3 nih, maka dentangnya 3 kali. Itu mah biasa ya, jam dirumah engkong juga begitu… Tapi kemudian ada patung boneka yang akan keluar bergantian di jendela yang terbuka. Aihh lucu… dan setelah patung boneka itu hilir mudik, kemudian woww di menara akan muncul seseorang berpakaian khas yang meniupkan terompet dari dua sisi menara. Teett teeett teeett!!! Ratusan orang yang berkumpul di bawah menara setiap jamnya akan bertepuk tangan setelah si peniup terompet meniupkan terompetnya. Prosesi selama kurang lebih 5 menit itu merupakan ritual yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Keren gak?! Awas kalo bilang nggak.

Wisata berikutnya adalah Charles Bridge, yang bisa dicapai dengan jalan kaki sekitar 10-15 menit dari old town square. Jembatan Charles ini sangat terkenal karena keindahan arsitektur di kanan kiri jembatan dan sungai yang besar mengalir indah dibawahnya, dengan kapal-kapal wisata yang hilir mudik. Penjual-penjual souvenir, pelukis karikatur, bahkan pengemis berburu rezeki di jembatan ini.

Pemandangan dari Charles Bridge

Ada yang unik dari pengemis di prague ini, mereka seringnya duduk sambil menundukkan kepala dengan posisi bersujud, memegang topi didepan kepala untuk menadah uang recehan pemberian donatur. Bedanya dengan pengemis di Jakarta, mereka gak bawa anak kecil, tapi bawa anjing yang dengan setia menemani mereka dalam balutan selimut.

cat and WC

Hal unik lain dari kota prague ini, tentu saja kucing yang menjadi icon dimana-mana. Souvenir mereka  menawarkan kucing dalam segala bentuk dari segala bahan seperti kristal, kaca, kayu, mainan anak, jam, lukisan, kaos, semuanya.. and I am a cat lover! Jadi senengg banget! Aku membeli beberapa ekor kucing :p satu dari kaca, satu dari kayu, dua di jam dinding kecil dan dua di dua lukisan berbeda.. tentunya ingin membeli lebih banyak lagi, tapi mereka menjual souvenir-souvenir ini dengan harga yang cukup mahal, berat untuk kantong mahasiswa :p satu ekor kucing kecil kacaku harganya 8 euro atau sekitar 100 ribuan. Tapi yang paling unik dari yang terunik selama perjalanan, aku tidak melihat satu ekor pun kucing asli di kota Prague ini! Hahaha…

Selanjutnya Karlsteijn, tempat yang lebih menarik menurutku, 30 km kearah selatan Prague. Kami menuju Karlsteijn dengan tiket kereta yang cukup murah, 3 euro bolak-balik. Di Karlsteijn ini ada sebuah kastil yang indah, benteng pertahanan Prague di masa lalu yang letaknya diatas bukit.

Kami menikmati Pancake yang enak dijalan menuju puncak bukit, bahkan berkesempatan membuat sendiri pancakenya, luar biasa.. dengan cahaya matahari yang hangat, sambil menikmati pancake, dan pemandangan mata yang indah, kastil di bukit, mas penjual pancake yang ganteng kayak artis, what a lovely day..

Belajar bikin Pancake sama Mas Ganteng

Oh ya, ada yang unik juga di prague ini, untuk pertama kali aku melihat, penanda WC ada dimana-mana. Ditengah jalan dibuat penanda arah WC seperti arah penunjuk jalan. Begitu juga di kastil Karlsteijn, tulisan WC dibuat besar-besar mengalahkan semua informasi lain, menunjukkan begitu pentingnya WC bagi orang disana.. wuihh sebagai seorang kebeleter (alias yang sering kebelet pipis), aku merasa sangat dihargai, hehehe…

Gampang banget nyari WC di Praha🙂

Temans, dikota yang berbahasa tanpa clue ini, memang agak sulit mendapatkan info kalau tidak bertemu orang yang bisa berbahasa inggris. Tapi untuk jalan, tidak terlalu bermasalah karena peta yang disediakan cukup akurat, dan yang lebih memudahkan, penanda nama jalan tersedia di setiap sisi jalan. Tidak rawan nyasar karena nama jalan yang mudah dicari, dan tercantum semua di dalam peta. Sangat membantu untuk orang yang kecerdasan spatialnya kurang sepertiku😀

Eh guys, pernah liat Sinagog ga? Sinagog itu bukan nama marga di Batak ya, itu Siregar😀 Saat berjalan kaki menuju stasiun kereta utama, kami menemukan Sinagog, tempat ibadah orang yahudi. Bangunannya megah dan dijaga polisi, jadi agak seyemm.. Paling-paling kita bisa menikmati arsitektur bangunannya dari luar. Wow bintang davidnya dimana-mana. Mulai dari pola batu blok didepan bangunan, hiasan diatas jendela, tanda besar ditengah atas bangunan, hingga dipuncak menara, seperti tanda bulan dan bintang di puncak mesjid.

Berjalan-jalan di Negara baru mesti hati-hati. Di Praha, sering kualami orang menawarkan diri untuk membantu memotret kita. Tapi aku gak pernah mau, gila aja kalo lagi asik-asik gaya trus kamera DSLR kesayangan dibawa lari, hiiyy.. makanya aku selalu nolak. Nah, ada suatu kejadian di sebuah bukit di Praha, dimana seorang pemuda ngotot nawarin mau moto aku sama temenku. Aku udah tolak-tolak. Gak usah Mas, biar temenku aja yang motoin aku, kataku. Aku mulai gaya dong dengna teropong untuk melihat kebawah bukit, dan temenku udah ancang-ancang mau moto aku. Ehh si mas-mas tadi malah mau ikutan poto bareng aku. Yawdah, daripada dia nangis kan, aku iyain aja dia berdiri dekat disampingku (susah punya fans gini:p). Temenku mulai ngitung… onee.. aku smile lebar… twoo.. Eeehh dia pake acara nyenderrr… Klik!!

Woiii kenal aja ngga!

17 thoughts on “#Praha #Kota Tercantik di Eropa

  1. Setuju !! Praque emang cantik banget. Tapi untung dech ga sampe ketemu fans yang ngotot foto bareng, hahahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s