Rasanya Lama Betul

Standard


PENGUMUMAN.

HARAM KELILING DUNIA DIJADWALKAN TERBIT FEBRUARI.

DEMIKIAN KABAR TERAKHIR DARI PIHAK GRAMEDIA.

*Tiba-tiba inget lagu gw jaman pramuka “Rasanya Lama Betul… Rasanya Lama Betul, hey!”

Agak kecewa ya? Sama. Tapi sudahlah, mari kita lihat dari sisi positifnya.

Sebagai seorang penulis, bagi saya tidak terlalu buruk meluncurkan buku setahun setelah keinginan itu terpatri kuat. Awal tahun 2012 adalah saat ide membuat buku itu menjadi sesuatu yang serius di kepala saya, dan alhamdulillah, awal tahun 2013 insyaallah ide itu menjadi kenyataan.

Harus menunggu cukup lama? Tidak apa-apa. Waktu yang lebih panjang saat menunggu buku dicetak memberikan ruang lebih luas pada saya untuk mempromosikan buku ini sebelum nanti sibuk melakukan bedah buku, nandatangani tumpukan buku, dan menjual buku sebanyak mungkin. Buktinya semakin banyak orang yang mengunjungi dan meninggalkan komen di blog ini, artinya semakin banyak yang mengenal dan mudah-mudahan menunggu kelahiran HKD. Yang pre-order aja udah ada :)

Diatas semuanya, saya yakin, semua akan indah pada waktunya. Tidak perlu terburu-buru.
Sama saja dengan menikah, tidak perlu terburu-buru. Lebih baik meningkatkan kualitas diri dulu supaya ntar ketemu yang berkualitas tinggi juga, hehehe… *ngeles :p

Salam Haram,
NFW
@enefwe

My amazing plan: Organizing a cultural trip to West Borneo

Standard

Sore ini aku punya ide yang melompat-lompat ingin keluar dari kepalaku. Aku ingin meng-organize tour ke tempat beta dilahirkan dan dibesarkan, yeaa! Kalimantan Barat:) Khususnya Kota pontianak, Singkawang dan Sambas.
Hmmm… Seperti apa kira-kira?

Aku yakin, belum banyak diantara pembaca yang pernah ke Kalimantan Barat. Kalaupun pernah, mungkin belum sempat untuk mampir ke Pulau Simping, pulau terkecil di dunia! What…?? Yup! Kalo gak percaya, nih link nya: http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Simping

Belum pernah juga melihat Keraton dan Sungai Sambas?

Atau menyaksikan festival Cap Go Meh terbesar dan paling mendebarkan di Indonesia?

Buat yang belum tau tentang Cap Go Meh di Singkawang ada nih tulisan yang meliput “bagian seram-seramnya” http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2012/02/06/cap-goh-meh-dan-aksi-tatung-di-singkawang/
Cuma masalahnya kalo pergi pas Cap Go Meh harga tiket Jakarta ke Pontianaknya mahal gan.. yang biasanya cuma 500an, bisa jadi sejutaan sekali jalan..

Nahh… Bosen liburan ke Puncak, Bali atau Jogja? Kenapa gak coba ke Kalimantan Barat? Kamu bisa merasakan perpaduan yang harmonis dari budaya Tionghoa, Dayak dan Melayu. Konsep liburannya nanti menyatu dengan masyarakat. Mungkin cuma 1 malam menginap di hotel, 2 malam menginap di rumah penduduk asli, kalo gak rumahku, rumah sodaraku, atau rumah tetanggaku hehehe.. Makanannya ntar makanan kampung, mungkin emakku aja yang masak, enak soalnya :)

Trus bakal ada wisata kuliner khas kalbar, nanti kita cobain sotong pangkong, bubur pedas, lempok duren, tahu Singkawang, kue keranjang khas Cina, dll. Kalo ke Sambas, selain bisa naik perahu, kita bisa mendapatkan cerita horor dari orang asli sana terkait Tragedi Kerusuhan etnis beberapa tahun yang lalu. Umm, bahkan buat yang pengen extend, bisa sekalian ke Malaysia lewat jalur darat. Lumayan bisa nyampe Kuching lho!

Ada yang mau ikut???

Salam Haram,
NFW
@enefwe

PS: Should you speak English, please contact me via this blog or email haramkelilingdunia@gmail.com to get further information about a cultural tour to West Borneo.

HaramMania, apalagi tuh?

Standard

Heiiii, udah November aja…

Gimana nih kabar HKD???

Menurut sumber yang bisa dipercaya, HKD sekarang lagi di edit. Lama ya? Emang.. karena harus melalui proses ngantri itu.. Gramedia punya banyak sekali tulisan yang harus mereka edit, kemudian terbitkan.
Gak sabar? Sama! Saking penasarannya, semalam aku dapat wangsit, hehehe… berlebihan! cuma mimpi aja kok..

Semalam aku bermimpi kalau HKD ini jadinya tebel banget, lebih tebal dari Da Vinci Code, cover sementaranya warna hitam putih, trus katanya harganya cuma 40 ribu. Dapet ide darimana coba si pembuat mimpi ini? sampe harga bukunya pun jelas banget begitu :p
Tapi… katanya mimpi itu kan suka kebalikannya ya…
Jadi kayaknya nanti begini: buku HKD bakal tipis, covernya colorful, nahh kalo masalah harga susah, kan gak mungkin, kebalikan dari 40 ribu berapa coba? :D

Apa aja yang dikerjain penulis sambil nunggu bukunya terbit?

Selain bermimpi, ngayal, aku mengisi waktu dengan mempersiapkan strategi-strategi supaya buku ini tidak menjadi buku terakhirku, alias gimana caranya supaya buku ini laris. Ada 2 strategi yang ingin ku bagi disini.
Pertama, mengumpulkan partner, supporter, relawan, atau apalah namanya (mungkin HaramMania :) yang akan menjadi corong-corong pemasaran. Selain sahabat dan teman, tentunya ini juga terbuka untuk siapa saja yang menyukai karyaku.

Ngapain sih jadi ‘HaramMania’?
1. Kamu menyukai karyaku, atau aku :p
2. Kamu ingin bersamaku mempromosikan haji muda
3. Kamu ingin bersamaku mempromosikan kegiatan kerelawanan dan sosial
4. Kamu ingin bersamaku menyebarkan semangat meraih mimpi
5. Kamu ingin bersamaku mengumpulkan donasi untuk Palang Merah Indonesia dan Yayasan Balita Sehat

Apa untungnya jadi HaramMania?
1. Dapet pahala, Insyaallah! Karena dari setiap penjualan buku HKD, setengah dari royalti akan didonasikan untuk PMI dan Yayasan Balita Sehat.
2. Lebih gaul (hehehe.. apa coba?)
3. Berhak mengikuti pertemuan khusus bersama Penulis dan HaramMania lainnya (misalnya saat ada promosi buku di kota anda). Ehem, bisa jadi ajang cari jodoh.
4. Sedang dipikirkan untuk bentuk reward yang lain. Ada ide?

Apa tugas HaramMania?
1. Rajin-rajin ol di facebook, sharing tentang HKD
2. Rajin-rajin ol di twitter, berkicau tentang HKD
3. Rajin-rajin pergi arisan, ngomongin HKD
4. Rajin-rajin chatting, ngomongin HKD
5. Rajin-rajin pidato, ngomongin HKD
6. Rajin-rajin ngajak keluarga, kolega, tetangga, ke Gramed, beli HKD
7. Rajin-rajin berdoa, doain HKD

Gampang kan?? Untuk tahap pertama aku akan membuka kesempatan untuk 13 HaramMania pertama. Berminat? Kirim email aja ke haramkelilingdunia@gmail.com. Say your interests!

Ups, sebelum lupa. Strategi kedua yang ingin ku bagi adalah membuat video untuk mempromosikan buku. Iseng-iseng mencoba membuat video di http://www.animoto.com, gampang banget ternyata. Yang susah adalah bagaimana membuat video yang brilian dalam waktu yang sangat pendek (karena durasi yang free kurang dari 30 detik).
Ini link dari video pertama yang kuhasilkan, silakan di sharing ke media sosial anda, khususnya yang berminat menjadi HaramMania :)

Salam Haram,
NFW